Video Ni Terbaik? Support Kitorang Dengan Like Page Dan Subscribe Youtube

5 Tanda-Tanda Penyakit Yang Dapat Di Lihat Melalui Kuku Samada Hati, Jantung, Diabetes Atau Aids

Loading...

Ingin tahu keadaan kesihatanmu tapi malas buat cek ke doktor? Tidak apa-apa! Lihat kuku kamu sendiri, kamu sudah mampu cek kesihatanmu!

Caranya lihat dari bentuk, warna dan ciri-ciri kukumu! Kalau ada yang janggal atau tidak normal, maka kamu harus lebih waspada!

Berikut beberapa kejanggalan kuku yang menandakan suatu penyakit:

1. Kuku cembung

Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.

2. Cekungan horizontal (Beau’s lines)

 

Bila terdapat satu atau beberapa cekungan pada kuku yang masuk ke dalam dan melintang, biasanya ini terjadi pada seseorang yang menjalani kemoterapi atau demam tinggi. Kalau bukan keduanya, berarti ini menunjukkan adanya kemungkinan gula darah yang tak terkontrol, masalah sirkulasi darah, atau kekurangan zinc.

3. Kuku sendok

Jika kuku terlihat seperti sendok, lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan ujung-ujungnya bertumbuh ke arah luar, ini tanda-tanda penyakit anemia tipe defisiensi zat besi, hemokromatosis (penyerapan zat besi berlebih), penyakit jantung, lupus, penyakit Raynaud, atau hipotiroidisme.

4. Garis-garis putih (Muehrcke’s lines)

Jika posisi garis yang muncul tegak lurus dan memanjang dari ujung ke ujung, ini menandakan tubuh sedang mengalami keadaan kurang protein dalam darah atau mungkin terdapat penyakit liver, ginjal maupun keadaan malnutrisi.

5. Kuku putih (Terry’s Nail)

Jika permukaan kuku berwarna putih susu, kemungkinan keadaan ini disebabkan oleh infeksi jamur atau tanda dari kurangnya asupan darah ke ujung-ujung jari. Apabila ujung kuku berwarna kemerahan atau gelap, maka ini adalah akibat dari sirosis hati, gagal jantung, hati, atau ginjal, diabetes, anemia tipe defisiensi zat besi, reaksi kemoterapi, hipertiroidisme, atau malnutrisi.

Kalau kamu punya ciri-ciri di atas, segeralah periksakan diri ke doktor! Lebih cepat lebih baik!

Sumber dari HambaFakir

(Visited 86 times, 1 visits today)
Loading...
  • Add Your Comment